Ganesha Souvenir
Home » » 16. Kikir (Jual mahal) dengan memegang teguh agama Islam

16. Kikir (Jual mahal) dengan memegang teguh agama Islam

Written By haris on Selasa, 26 Februari 2013 | 20.20

Advertisement



Kikir dalam hal ini seperti sikap seseorang, bahwa kematian dan masuk dalam lautan api lebih menyenangkan baginya daripada terjerumus dalam kekufuran (keluar dari agama islam) serta mengakui bahwa agamanya (islam) lebih luhur baginya dibanding semua anak-anak dan hartanya.
Dikisahkan dari Umar bin Abdul Aziz, pada masa kepemimpinannya pernah mengirim sejumlah orang ke negara Romawi untuk berperang. Dalam peperangan itu mereka kalah dan sepuluh orang diantara mereka ditawan oleh penguasa Romawi.
Kaisar Romawi meminta salah satu diantara mereka agar masuk agama kaisar itu dan menyembah berhala. Ia mengatakan:”Bila kamu mau masuk agamaku dan menyembah berhala, maka aku akan mengangkatmu sebagai penguasa di daerah (wilayah) yang luas, aku akan memberimu pangkat yang tinggi, mahkota, bayaran yang banyak, dan terompet (komando perang). Namun bila kamu tidak bersedia masuk agamaku, maka aku akan membunuhmu, memenggal lehermu dengan pedang.”
Tawanan itu menjawab:”Aku tidak akan menjual agamaku dengan harta dunia.”
Kaisar itu lalu memerintahkan untuk membunuh tawanan itu, kemudian ia dibunuh di alun-alun. Kepala tawanan itu menggelinding dan berputar-putar di alun-alun itu sambil membaca ayat:
“Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kamu kepada Tuhanmu dalam keadaan ridha dan diridhai. Masuklah ke dalam jamaah hamba-Ku dan masuklah kedalam Surga-Ku.” (QS. Al-Fajr:27-30)
Kaisar itu marah dan mengambil tawanan yang kedua ia berkata:”Masuklah kamu ke dalam agamaku, maka aku akan menjadikanmu pemimpin di kota anu. Bila kamu menolak, maka akan terpenggal lehermu seperti aku memenggal leher temanmu itu.”
Tawanan itu menjawab:”Aku tidak akan menjual agamaku dengan harta dunia. Bila kamu memiliki kekuasaan untuk memenggal kepala maka kamu tidak akan memiliki kekuasaan untuk memenggal iman.”
Kaisar pun memerintahkan untuk memenggal leher tawanan kedua itu. Setelah dipenggal, kepalanya menggelinding dan berputar-putar seperti tawanan yang pertama serta membaca ayat:
“Maka orang itu berada dalam kehidupan yang diridhai, dalam surga yang tinggi yang buah-buahnya sangat rendah (untuk dipetik).” (QS. Al-Haqqah:21-23)
Kepala itu berhenti di sebelah kepala yang pertama. Kaisar menjadi marah besar dan memerintahkan untuk mengambil tawanan yang ketiga, kaisar itu berkata kepadanya:”Apa yang akan engkau katakan, apakah kamu mau masuk agamaku dan aku akan menjadikanmu pemimpin?” Orang ketiga ini celaka dan berkata:”Aku akan masuk agamamu dan aku pilih harta dunia daripada akhirat.” Mendengar jawaban itu kaisar berkata kepada pembantunya, “catat untuknya imbalan dan berikan padanya mahkota, gaji yang banyak serta pangkat yang tinggi.” Pembantu itu menyanggah:”Wahai raja, bagaimana aku memberi tanpa mengujinya, katakan kepadanya:”Bila ucapanmu jujur, bunuhlah seorang lelaki dari teman-temanmu. Kami akan mempercayaimu.””
Tawanan yang ketiga yang dilaknak itu kemudian mengambil salah seorang teman dan membunuhnya. Kaisar pun senang dan memerintahkan pembantunya untuk mencatat imbalannya. Tetapi pembantunya menyanggah dan berkata kepada kaisar:”Tidak masuk diakal, bahwa engkau mempercayainya. Orang ini tidak menjaga hak saudaranya sendiri yang dilahirkan dan tumbuh bersamanya. Bagaimana ia bisa menjaga hak kita.”
Kaisar membenarkan pembantunya dan memerintahkan untuk membunuh tawanan malang itu, dipenggallah kepalanya dan menggelinding berputar-putar di alun-alun tiga kali sambil membaca ayat:
“Apakah (kamu hendak mengubah nasib) orang-orang yang telah pasti ketentuan azabnya? Apakah kamu akan menyelamatkan orang-orang yang berada di neraka?” (QS. Az-Zumar:19)
Kepala itu berhenti di pojok alun-alun dan tidak menyatu dengan dua kepala sebelumnya. Jadilah kepala itu menuju siksa Allah.
Kita memohon perlindungan kepada Allah dari hal yang terjadi pada orang yang malang itu dan kesesatan.



Advertisement
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. 77 Cabang Iman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger