Ganesha Souvenir
Home » » 13. Tawakkal (Pasrah Kepada Allah)

13. Tawakkal (Pasrah Kepada Allah)

Written By haris on Selasa, 26 Februari 2013 | 20.18

Advertisement



Allah berfirman:
“Maka tawakkallah (pasrah kepada Allah) kamu sekalian orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Maidah:23)
Tawakkal dibagi menjadi tiga tingkatan:
1.      Sikap tawakkal di dalam hak Allah dan kepercayaan pada tanggungan dan pertolongan-Nya sebagaimana sikapnya kepada orang yang dipercaya sebagai wakil.
2.      Sikap yang tawakkal kepada Allah sebagaimana sikap anak kecil dalam naungan ibunya. Ia tidak kenal kepada selain ibunya, tidak kaget atau tertarik kepada seseorang selain ibunya dan tidak bersandar kecuali pada ibunya. Bila ia melihat ibunya, ia akan langsung bergelayut kepadanya. Bila ia mengalami sesuatu ketika ibunya tidak ada, yang serta merta terucap di mulutnya adalah “oh ibu”, dan yang serta merta muncul di dalam hatinya adalah bayangan ibunya. Anak itu betul-betul telah percaya penuh pada tanggung jawab dan kasih sayang ibunya.
3.      Adalah segala gerak dan diamnya di depan Allah sebagaimana mayat di depan orang yang memandikannya. Ia tak akan meninggalkan tawakkal, kecuali ia melihat dirinya sebagai mayat. Yang menggerakkanya adalah kemampuan azali (masa yang tidak ada permulaannya) sebagaimana tangan orang yang akan memandikan menggerakkannya. Orang yang tawakkal seperti ini adalah orang yang imannya kuat, bahwa Allah Swt adalah zat yang mengatur gerakut itu. Tingkatan ketiga ini adalah tingkatan tertinggi dan tingkatan pertama adalah tingkatan terendah.


Advertisement
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. 77 Cabang Iman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger